Kamis, 13 Desember 2012

Skenario Pembelajaran


hari ini saya presentasi di mata kuliah belajar dan pembelajaran, presentasi saya membahas mengenai model pembelajaran berpikir induktif dan pembuatan skenarionya. Nah.. banyak sekali masukan yang diberikan oleh sang dosen kepada saya, barangkali masukan-masukannya bisa sedikit embantu kawan-kawan yang masih kebingungan dengan skenario pembelajaran. Jadi begini loh hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan skenario pembelajaran :

1. pikirkan kembali tentang tujuan pembelajaran. tujuan harus sesuai dengan standar isi yang dibuat pemerintah. Tujuan dari pembelajaran dibuat seperti narasi yang jelas urutannya.
2. skenario pembelajaran itu sama seperti skenario dalam perfilman yang fungsinya untuk mengarahkan aktrisnya dalam bermain peran. jadi harus sangat jelas, bersifat umum.
3. tindakan yang akan dilakukan oleh guru harus sudah dijelaskan dalam skenario.
4. koreksi lagi mengenai metode pengajaran yang digunakan, apakah sekiranya dengan menggunakan suatu metode seperti metode tanya jawab atau diskusi sudah cukup? jika tidak, akan lebih baik jika metode yang digunakan ditambahkan, seperti demonstrasi untuk lebih meningkatkan pemahaman siswa.
5. cari sumber referensi yang banyak dan bagus, terutama tentang implementasi mengenai model pembelajaran yang akan dibahas apakah model pembelajaran tersebut akan digunakan secara classical atau
7. bahasa pada fase pembelajaran harus menggunakan kata-kata yang benar, seperti kata persamaan diganti menjadi kesamaan. Lalu dalam suatu fase, ada saatnya guru membantu apakah data yang dikategorikan oleh siswa sudah benar apa tidak. sudah sesuai dengan prediksi kita apa belum.

intinya sebuah skenario pembelajaran itu menggambarkan rencana yang akan dilakukan oleh guru. seorang guru adalah seorang aktor atau aktris. mereka harus bermain peran menjadi seseorang yang terlihat hebat dimata siswa, dalam proses mengajarnya mereka tidak boleh membawa masalah pribadi ke dalam kelas. kelas adalah suatu panggung untuk seorang aktris atau aktor, maka sebuah skenario pembelajaran harus menerangkan mengenai hal-hal yang harus dilakukan oleh guru, harus terstrutur dengan baik, tidak memunculkan pertanyaan lagi, semua yang dipikrkan oleh guru harus dijelaskan dengan baik dalam sebuah skenario :)

semoga artikel ini dapat bermanfaat ya :)

Tidak ada komentar: