Rabu, 07 November 2012

Andai aku menjadi ketua KPK



Jadi ketua Komisi pemberantasan korupsi di Indonesia? Nampaknya itu adalah suatu pekerjaan yang sangat berat dan sangat sulit untuk dilakukan apalagi di negara kita yang tingkat korupsinya cukup tinggi. Tapi bukan berarti tidak mungkin memberantas korupsi di negeri Indonesia kita ini.

Jika dihadapkan pada suatu pilihan bahwa kelak saya menjadi seorang pimpinan di lembaga pemberantasan korupsi, hal pertama yang harus saya lakukan sebelum membenah yang lain adalah diri saya sendiri tentunya. Pekerjaan memberantas korupsi adalah suatu pekerjaan hebat yang butuh fisik dan mental yang kuat . Bisa dibilang seorang ketua KPK itu harus bisa sekuat super hero. Mengapa?
Tentu saja karena pekerjaannya itu berhadapan dengan orang jahat dan orang serakah yang mata hati dan pikirannya itu sudah dibutakan oleh uang. Jika sampai ada seseorang yang diusut dan ternyata dia menggunakan kekerasan untuk melawan saya kan bahaya. Jadi awalnya saya harus punya ilmu bela diri yang kuat dulu. Saya akan belajar ilmu bela diri kendo dan karate sampai ke tingkat yang paling mahir, jadi saat bertugas dan bertemu gerombolan orang jahat yang ingin menyerang saya atau orang di sekitar saya , saya bisa melawan diri dan tidak harus bergantung pada bodyguard.

Setelah kuat fisik, selanjutnya adalah kuat iman. Kuat iman bisa didapatkan dari cara merenung dan mendekatkan diri pada Tuhan. Jangan sampai lupa kepada Tuhan dan misi baik yang akan kita lakukan saat menjadi ketua KPK.

Oke. Jika fisik dan mental sudah kuat, mari kita membenahi anak buah yang ada di sekitar kita. Mereka semua juga harus di training dulu untuk memperkuat fisik dan mental mereka. Untuk apa? Tentu saja agar mereka bisa bertugas dengan lebih baik dan tidak terpengaruh dengan ancaman dari pihak luar yang berbahaya. Mereka juga harus dibelakali ilmu bela diri yang cukup dan motivasi yang kuat dalam memberantas korupsi.
Saya yakin saat iman seseorang kepada Tuhan sudah cukup baik, dia tidak akan terpengaruh oleh hal-hal buru dari luar. Sebelum merekrut seorang pegawai, harus dipilih dengan baik dan dilihat keunikan yang tiap calon pegawai miliki. Selain pegawai yang cerdas, pegawai yang dibutuhkan haruslah seseorang yang jujur, bertanggung jawab dan bisa dipercaya. Bagaimana cara mencari orang-orang seperti itu? Dengan cara melihat keunikan dari tiap individu. Terkadang seseorang yang terlihat sedikit ceroboh dan aneh memiliki potensi menjadi seseorang yang luar biasa, maka jelilah dalam mencari pegawai.

Kita asumsikan diri saya sudah cukup kuat mengemban jabatan ini dan bawahan saya juga sudah cukup kuat. Sekarang saatnya kita bekerja.

Saat bekerja pasti banyak kendalanya. Disaat lembaga yang kita pimpin sudah cukup benar, bisa saja lembaga lain yang tidak berpihak cukup baik pada kita. Oleh karena itu kita harus cukup serius mengusut suatu kasus, cari celah yang paling bagus untuk mendapatkan bukti dari seseorang yang melakukan tindak korupsi. Dari pelajaran yang saya dapatkan dari film-film kriminal yang sering saya tonton, banyak penjahat itu akalnya sangat licik. Bahkan mereka melakukan segala cara entah untuk menyelamatkan diri dari kejahatannya ataupun menghancurkan misi kami untuk membasmi kejahatannya.  Oleh karena itu saya butuh seseorang yang cerdik dan handal dalam masalah penyelidikan. Saya harus menyiapkan beberapa orang yang hebat dalam hal penyelidikan. Untuk mendapatkan orang hebat seperti itu, tidak ada salahnya untuk menyekolahkan mereka lagi hingga ke luar negeri seperti Amerika serikat agar mereka bisa sehebat FBI dalam menangani kasus.

Selain seseorang yang ahli mengenai penyelidikan kasus, saya juga butuh ilmuwan. Ilmuwan dapat membantu kerja tim penyidik dengan cara menyelidiki tersangka kasus korupsi menggunakan ilmu sains yang ada. Ilmu sains sangat cocok diterapkan untuk menganalisis mengenai manusia. Ilmuwan yang akan saya gunakan adalah seorang ilmuwan otak. Dia lebih memahami mengenai mental dan kecendrungan manusia melakukan sesuatu dilihat dari kondisi fisik seseorang.

Selain strategi menangkap koruptor, suatun hal yang penting lainnya adalah mencegah lahirnya seorang koruptor. Bagaimana cara mencegahnya? Cara paling awal mencegah lahirnyakoruptor adalah dengan mendidik mental siswa-siswa indonesia agar anti mencontek. Mencontek adalah suatu hal mencuri dalam skala yang paling sederhana dan kecil. Banyak yang kurang sadar bahwa mencontek dapat membangun mental siswa berani untuk curang. Dalam membasmi mecontek ini, peran guru-guru sangat penting dalam mendidik siswa. Nampaknya saya akan melakukan suatu kerjasama dengan dinas pendidikan dalam hal pembasmian mencontek itu.

Setelah membahas pencegahan pada calon penerus bangsa, satu hal penting lagi adalah pengawasan. Banyak sekali potensi korupsi yang ada di negeri ini, mulai dari jenjang paling tinggi hingga yang paling rendah. Tidak ada salahnya untuk melakukan obrolan langsung pada masyarakat. Mungkin jika saya sendiri sebagai ketua KPK yang terjun akan sangat mencolok, jadi saya harus menerjunkan anak buah saya untuk melakukan hal tersebut. Dari obrolan tersebut dapat kita lihat kinerja pemerintahan/suatu lembaga seperti apa, jika terindikasi adanya kasus korupsi, bisa langsung diusut dan ditindak lanjuti.


Harus digunakan semua cara yang berpotensi untuk menungkapkan suatu kebenaran dan mencegah suatu kejahatan itu terjadi, karena kebenaran hanya ada satu.

4 komentar:

Blog blog mengatakan...

assalamualaikkum ,
first , nice post deh :)
blognya juga bagus , tampilannya sederhana tp isinya nggak main *yoi bro

dukung terus deh cita* situ buat jadi ketua KPK :)
semoga KPK bisa jadi lebih baik :)
keep calm and do not corrupt :)
cek juga punya aku ya : www.muslim-rupawan.blogspot.com :)

makasih banyaak :)

ayu mengatakan...

ooh.. iya. amin. sipp. makasih gan komennya :)

Blog blog mengatakan...

nama aku bukan gan , tp yuki :)
agan agan aganwati hanya untuk blogger sejati :)
sedangkan aku blogger acakadut *walah
iya amiin :)
cek punya aku juga dong :)

salam kenal juga .

makasih

ayu mengatakan...

ah ngga juga. agan/aganwati kan sebenarnya bahasa dari kaskus .. hehe
sipp. iya. salam kenal juga :)