Kamis, 29 November 2012

Bumi, air, banjir dan kekeringan. Apa hubungannya?


http://samzthing.wordpress.com/
 Sumber gambar:
http://samzthing.wordpress.com/
Bumi adalah rumah tempat kita hidup dan semua orang tahu itu. Tapi tahukah kalian bahwa bumi kita saat ini sedang sakit? Banyak sekali bencana yang terjadi pada bumi dan siklum bumi sudah berubah. Bumi sedang mengalami sakit yang disebut global warming. Akibat suhu bumi yang meningkat membuat banyak bencana, seperti kekeringan saat musim hujan dan kebanjiran saat musim kemarau? Ko bisa?
Tentu bisa dong. Mari kita pikirkan pake logika.
  1.  Akibat dari kurangnya pohon dibumi, mebuat banyak pencemaran udara dan akhirnya terjadilah efek rumah kaca yang membuat suhu bumi jadi meningkat.
  2. Akibat suhu bumi yang meningkat, es di kutub banyak mencair. Akibat es kutub banyak yang mencair, luas lautan mejadi lebih lebar yang membuat penguapan air yang terjadipun menjadi lebih banyak.
  3.   Saat semakin banyaknya air yang meguap ke awan, saat terjadi kondensasi akhirnya kadar curah hujan pun jadi lebih tinggi. Karena jumlah pohon yang sedikit, penyerapan air ke tanahpun berkurang. Selain itu karena banyak warga jorok, suka buang sampah sembarangan dan got di perumahan banyak yang ditutp/memang kurang dianggap penting, akhirnya terjadi banjir. 
  4.   Setelah banjir, pada musim kemarau akibat penyerapan air yang kurang, akhirnya jumlah air di tanah juga tidak cukup untuk menghidupi jumlah manusia yang populasnya makin banyak. Akhirnya terjadi kemarau panjang. Begitulah seterusnya hingga terjadi keaad bumi seperti ini.

Setelah membaca pejelasan diatas, tidak heran pada saat ni banyak sekali orang-orang yang terus menggalakan usaha penghijauan yang semata-mata mengurangi efekpemanasan global dan mengurangi dampak bencana akibatnya. Semoga bumi kita cepat sehat kembali ya J

Tidak ada komentar: